Menu Bar

Monday, February 22, 2016

Cara Root Android dengan Menggunakan PC

Setelah saya menjelaskan cara root android tanpa PC diatas, maka kali ini saat nya saya menjelaskan tentang bagaimana cara root android menggunakan PC yang digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu dengan menggunakan aplikasi Kingo Root, ODIN dan One Click Root. Simak cara dan langkah-langkah nya dengan seksama dibawah ini.

1. Cara Root Android dengan Kingo Root

Untuk melakukan rooting, setidaknya Anda harus menggunakan bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat Anda pakai adalah Kingo Root. Aplikasi rooting ini sebenarnya masih tergolong baru dibandingkan aplikasi-aplikasi lainnya.

Namun dalam perkembangannya, pihak developer dari Kingo App mengklaim bahwa aplikasi buatan Mereka tersebut memiliki fitur yang simple dan cepat, sehingga siapapun dapat melakukan rooting perangkat dengan mudah. Jika Anda adalah salah satu yang ingin melakukan rooting, tahapan cara root Android dengan Kingo Root di bawah mungkin akan dapat membantu.

1. Siapkah perangkat yang akan di rooting. Pastikan daya baterai yang ada lebih dari 50% untuk mencegah terjadinya run-out dan berakhir kegagalan. Selain itu, siapkan juga kabel USB dan komputer atau PC yang terhubung ke internet.

2. Unduh dan instal aplikasi Kingo Root di PC Anda.

3. Selanjutnya klik dua kali pada ikon Kingo Root di desktop Anda. Kingo Root akan memperlihatkan antarmuka khasnya. Selanjutnya diamkan dan beralih ke perangkat Android Anda.

4. Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan perangkat Anda ke PC. Gunakan kabel USB yang sesuai dengan perangkat, baik port ponsel maupun komputer.

5. Disini Kingo Root akan melakukan deteksi dan instal perangkat secara otomatis. Namun ingat, komputer harus terhubung ke internet, sehingga Kingo Root dapat melakukan unduh driver yang dibutuhkan perangkat secara otomatis.

Jika komputer Anda menggunakan Windows OS 8, mungkin ada sedikit pengaturan untuk mencegah terjadinya pengulangan saat unduh driver.

6. Jangan lupa untuk mengaktifkan mode USB debugging. Mode ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin menggunakan cara root Android dengan Kingo Root. Selanjutnya Anda akan melihat pada layar sebuah pop up prompt.

Anda hanya perlu mencentang kotak dengan tulisan “Always allow from this computer”. Jika tidak ada jendela prompt, mungkin koneksi internet Anda bermasalah.

7. Berpindah ke bagian antarmuka Kingo Root, Anda akan diperlihatkan sebuah pemberitahuan dan ketentuan sebelum melakukan root. Jika sudah yakin mengenai dampak-dampak yang akan terjadi setelahnya, Anda bisa menekan tombol “ROOT”.

8. Kingo Root akan bekerja secara otomatis untuk melakukan rooting pada perangkat Anda. Untuk waktunya sendiri berbeda-beda pada setiap perangkat, namun dalam banyak pengalaman para pengguna Android, pengerjaannya tidak akan lama, hanya beberapa menit saja.

Anda nanti akan melihat reboot perangkat beberapa kali. Tidak perlu panik atau mencabut, menyentuh dan menggerakannya, karena proses tersebut adalah biasa.

9. Setelah rooting selesai, klik ‘Finish” dan perangkat akan reboot. Anda juga bisa memeriksa status root pada perangkat dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dapat diunduh di Play Store, misalnya SuperSU.

2. Cara Root Android dengan ODIN

Jika Anda memiliki sebuah perangkat dengan merek Samsung, baik itu smartphone maupun tablet, lalu Anda ingin melakukan rooting, maka aplikasi ODIN adalah pilihan yang tepat.

Sebenarnya ODIN dibuat secara resmi oleh vendor Samsung untuk mempermudah para penggunanya dalam menginstal software OTA, sekaligus untuk pembaharuan Android OS dan firmwares. Namun begitu, ODIN juga ternyata dapat digunakan secara tidak resmi untuk melakukan rooting pada perangkat. Ingin tahu bagaimana cara root Android dengan ODIN? Berikut pembahasan lengkapnya untuk Anda.

1. Pertama kali yang harus Anda persiapkan ketika melakukan root Android adalah selalu mem-back up data penting yang ada pada smartphone android anda. Baik Anda menggunakan ODIN maupun aplikasi lainnya, back up data sangat direkomendasikan jika Anda tidak ingin kehilangan semua data jika root berakhir dengan kegagalan.

Selain itu, menyimpan firmware yang saat ini digunakan oleh perangkat Samsung Anda juga sangat penting sebagai pemulih cadangan.

2. Perlu diingat, ODIN hanya berjalan pada komputer berbasis Windows OS atau notebook. Selain itu, software keamanan, seperti firewall dan antivirus mungkin akan mengehantikan kinerja ODIN. Oleh sebab itu, sebaiknya nonaktifkan semua perangkat keamanan tersebut untuk sementara waktu.

3. Unduh dan instal ODIN pada komputer Anda. Lalu klik dua kali pada ikon ODIN yang terdapat di desktop.

4. Hubungkan ponsel atau tablet Samsung Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Namun sebelum itu, aktifkan terlebih dahulu USB debugging agar proses berjalan lancar.

5. Beralih ke aplikasi ODIN, lalu klik “Root”. Biasanya proses rooting memakan waktu beberapa menit. Oleh sebab itu, pastikan daya baterai pada perangkat Anda memadai.

6. Selanjutnya Anda bisa menginstal driver pada komputer, lalu memindahkannya pada perangkat. Driver yang paling populer untuk perangkat Samsung adalah Samsung Kies.

7. Setelah mempraktekan cara root Android dengan ODIN di atas, berarti perangkat Anda sudah dalam mode root dan Anda sudah bisa menggunakan ODIN dengan bebas. Termasuk untuk melakukan instal software OTA yang kebanyakan perangkat sudah di root tidak dapat melakukannya.

Namun walaupun begitu, perlu diingat pula bahwa rooting pada perangkat Samsung Anda membuat garansi menjadi hilang. Garansi dapat kembali jika Anda melakukan update stock secara resmi dan update tersebut dapat Anda lakukan menggunakan aplikasi ODIN juga.

3. Cara Root Android dengan One Click Root

1. Lakukan backup terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan, namun alangkah lebih baiknya untuk menyesuaikan dengan merek ponsel.

Misalnya perangkat Anda adalah buatan Samsung, maka gunakan Samsung Kies. Namun jika perangkat Anda adalah HTC, maka gunakan HTC Sync Manager. Tapi jika dirasa sulit, lakukan saja transfer file dari perangkat Anda ke perangkat lainnya.

2. Cara root Android menggunakan PC ini nantinya akan menggunakan bantuan aplikasi root. Anda bisa melakukan unduh salah satunya saja, misalnya One Click Root.

3. Setelah melakukan unduh, aktifkan aplikasi One Click Root tersebut di PC Anda. Selanjutnya aplikasi akan mencari perangkat Anda. Lanjutkan dengan menghubungkan ponsel atau tablet yang akan di root ke PC menggunakan kabel USB.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengaktifkan mode USB debugging agar proses menghubungkan perangkat dengan PC dapat berjalan lancar.

4. Setelah terhubung, One Click Root akan melakukan deteksi perangkat secara otomatis. Selanjutnya Anda hanya perlu menekan satu tombol saja, yaitu “Roots Now”.

5. Anda mungkin perlu menunggu beberapa waktu selama proses rooting. Jika sudah selesai, akan muncul sebuah pop up yang memberitahukan bahwa proses rooting sudah selesai.

Perangkat yang sudah di rooting memungkinkan pengguna untuk memiliki sistem secara sempurna. Bahkan pengguna dapat mematikan pemberitahuan aplikasi, menghapus bloatware, memperpanjang umur baterai dan lain sebagainya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Tapi anda harus benar-benar sadar bahwa melakukan rooting juga akan menghilangkan garansi pada perangkat, sekaligus membuka semua celah pengaturan. Sehingga bukan tidak mungkin jika ada orang awam yang menggunakan ponsel atau tablet Anda, melakukan kesalahan pengaturan dan membuat perangkat mengalami kerusakan, seperti hang dan bootlop.

Demikianlah artikel tentang cara mudah root android tanpa PC maupun dengan menggunakan PC.

Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika anda merasa artikel ini berguna, anda boleh membagikan atau memperlihatkan artikel ini ke teman atau kerabat anda yang memiliki smarthphone android.

No comments:

Post a Comment